Harap Tunggu


Berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 18/POJK.07/2018 unduh disini , tentang Layanan Pengaduan Konsumen di Sektor Jasa Keuangan dan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan No. 2/SEOJK.07/2014 tentang Pelayanan dan Penyelesaian Pengaduan Konsumen pada Pelaku Usaha Jasa Keuangan, dengan ini platform Danain membentuk dan mengelola layanan pengaduan yang bisa diakses dan dipergunakan oleh konsumen.
Dengan adanya layanan pengaduan ini, Danain berkomitmen untuk memberikan pelayanan maksimal terkait penyajian informasi secara lengkap dan terbuka kepada seluruh pengguna. Dalam hal ini, pengaduan konsumen akan diterima, dikoordinasikan, dan diselesaikan oleh Customer Support Danain yang kredibel.
Saluran pengaduan yang bisa dipilih

Pengguna bisa berinteraksi langsung dengan Customer Support Danain melalui live chat yang tersedia di website www.danain.co.id , mengikuti waktu operasional Danain, yakni Senin - Jumat pukul 08.30-17.30 WIB. Saluran ini paling direkomendasikan oleh Danain, sebab aduan konsumen bisa langsung diterima atau ditangani secara real time.

Pada fitur “Informasi Kontak” yang terdapat di website Danain, terdapat formulir yang bisa diisi apabila Anda memiliki pertanyaan, saran, atau kritik. Sertakan juga nama, nomor telepon, dan email untuk mempermudah tim kami menghubungi Anda.

Anda bisa berkomunikasi dan berkonsultasi langsung dengan Customer Support Danain melalui telepon yang tertera di Informasi Kontak, mengikuti waktu operasional Danain, yakni Senin - Jumat pukul 08.30-17.30 WIB.

Danain tidak menentukan batasan terhadap isi atau materi yang diadukan oleh konsumen. Segala bentuk aduan akan selalu diprioritaskan oleh Customer Support, terutama yang menyangkut kegiatan transaksi atau yang berhubungan dengan data pribadi pengguna di platform Danain. Setiap pengaduan juga akan selalu dimonitor oleh Customer Support Danain hingga aduan terselesaikan.
Berikut alur pengaduan di platform Danain:

Customer Support Danain akan merespons pertanyaan yang diajukan konsumen dan melakukan penanganan atas masalah yang diadukan dalam waktu minimal 1 hari kerja dan maksimal 5 hari kerja sampai status aduan terselesaikan.
Sementara untuk respons dan penanganan masalah yang memerlukan tindak lanjut atau koordinasi dengan unit kerja lain, maka waktu penyelesaian minimal 1 hari kerja dan maksimal 20 hari kerja hingga status aduan terselesaikan.
*) Waktu di atas disesuaikan dengan jam operasional Danain, yakni Senin-Jumat pukul 08.30-17.30 WIB dan tidak termasuk Hari Libur Nasional.

Pengaduan yang bersifat materiil maupun non-materiil akan diselesaikan terlebih dahulu oleh Customer Support Danain bekerjasama dengan unit terkait. Apabila pengguna tetap tidak bisa menerima atau tetap merasa dirugikan setelah melalui proses yang panjang, maka pengguna bisa meminta bantuan kepada pihak ketiga yang dianggap mampu membantu menyelesaikan permasalahan. Permintaan bantuan dapat melalui pengadilan atau di luar pengadilan, seperti halnya melalui Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan.